LOGO 12
wELCOME TO

SMK TEKNOLOGI YPM

Selamat datang di SMK Teknologi YPM, tempat belajar dan berkambang menuju masa depan yang depan.
Kami senang anda bergabung dengan kami, mari kita jelajahi dunia teknologi bersama,

selamat menjadi bagian dari dari keluarga besar SMK Teknologi YPM.


kurikulum

A.    Struktur Kurikulum SMK Teknologi YPM

1.     Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

SMK dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengembangkan perangkat lunak, baik untuk kebutuhan aplikasi desktop, web, maupun mobile. Struktur kurikulum di SMK jurusan RPL biasanya mencakup mata pelajaran teoritis dan praktik yang membekali siswa dengan keterampilan dalam pemrograman, desain perangkat lunak, serta pengelolaan proyek perangkat lunak.

Berikut adalah gambaran umum dari struktur kurikulum SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak:

a.     Mata Pelajaran Umum (Pelajaran Peminatan dan Pengetahuan Dasar)

·       Pendidikan Agama

·       Pendidikan Kewarganegaraan

·       Bahasa Indonesia

·       Bahasa Inggris

·       Matematika

·       IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

·       Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

b.     Mata Pelajaran Kejuruan (Pemrograman dan Teknologi Perangkat Lunak)

·       Dasar-Dasar Pemrograman

o   Pengantar pemrograman dan logika pemrograman

o   Algoritma dan struktur data

o   Pemrograman dengan bahasa pemrograman seperti C, C++, Java, atau Python

·       Pengembangan Aplikasi Desktop

o   Pengembangan aplikasi berbasis desktop menggunakan bahasa pemrograman tertentu seperti Java, C#, atau Visual Basic

o   GUI (Graphical User Interface) dan event-driven programming

·       Pengembangan Aplikasi Web

o   HTML, CSS, dan JavaScript untuk pengembangan web front-end

o   Penggunaan framework dan tools seperti React, Angular, atau Vue.js

o   Pemrograman server-side dengan PHP, Node.js, Python (Django), atau Java (Spring)

·       Pemrograman Berbasis Mobile

o   Pengembangan aplikasi untuk platform mobile menggunakan Java untuk Android atau Swift untuk iOS

o   Penggunaan framework seperti Flutter, React Native, atau Kotlin

·       Basis Data (Database)

o   Konsep dasar basis data (relasional dan non-relasional)

o   SQL untuk pengelolaan basis data

o   Manajemen data dengan MySQL, PostgreSQL, atau MongoDB

·       Rekayasa Perangkat Lunak

o   Analisis dan desain perangkat lunak

o   Metode pengembangan perangkat lunak seperti SDLC (Software Development Life Cycle), Agile, dan Waterfall

o   Dokumentasi dan testing perangkat lunak

·       Jaringan Komputer dan Keamanan

o   Konsep dasar jaringan komputer dan implementasi sistem jaringan

o   Keamanan perangkat lunak dan aplikasi, termasuk enkripsi dan pengujian keamanan

·       Sistem Operasi

o   Pengoperasian dan konfigurasi sistem operasi seperti Windows, Linux, atau macOS

o   Pemahaman tentang command-line interface (CLI) dan sistem berkas

·       Proyek atau Praktek Kerja Lapangan (PKL)

o   Siswa akan diberikan kesempatan untuk bekerja pada proyek perangkat lunak yang nyata, baik melalui magang atau proyek berbasis kelas

o   Pengalaman bekerja dengan tim dalam pengembangan perangkat lunak

c.     Mata Pelajaran Kewirausahaan dan Pengembangan Diri

·       Kewirausahaan

o   Pembekalan keterampilan kewirausahaan untuk membantu siswa memulai bisnis teknologi mereka sendiri

o   Manajemen proyek dan pengelolaan produk perangkat lunak

·       Komunikasi dan Etika Profesi

o   Mengajarkan keterampilan komunikasi yang baik, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan, dalam konteks profesional

o   Etika dalam pengembangan perangkat lunak dan tanggung jawab profesional

d.     Ekskul dan Kegiatan Pengembangan Diri

·       Kegiatan ekstrakurikuler seperti lomba pemrograman (coding competitions), hackathon, atau pengembangan aplikasi mandiri

·       Pelatihan keterampilan tambahan dalam pengembangan perangkat lunak atau pelatihan sertifikasi dari lembaga terkait

e.      Evaluasi dan Sertifikasi

·       Siswa akan menjalani ujian teori dan ujian praktik untuk menguji kompetensi mereka di bidang rekayasa perangkat lunak.

·       Beberapa sekolah juga menyediakan peluang bagi siswa untuk mendapatkan sertifikat industri atau sertifikasi teknologi (misalnya, sertifikasi dalam pemrograman atau penggunaan alat pengembangan perangkat lunak tertentu).

f.      Penilaian Kompetensi

·       Penilaian dilakukan melalui ujian tertulis, proyek perangkat lunak, dan laporan kerja praktek.

·       Proyek atau tugas akhir yang melibatkan pengembangan perangkat lunak sebagai produk akhir.

Struktur kurikulum ini bersifat dinamis dan dapat berbeda antar sekolah atau berdasarkan kebijakan kementerian pendidikan. Kurikulum SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dirancang untuk membekali siswa dengan keterampilan praktis yang langsung dapat diterapkan di dunia kerja, sekaligus memberikan landasan teori yang kuat untuk pengembangan karir mereka di bidang teknologi sesuai tuntutan era 5.0.

2.     Teknik Komputer Dasar Dan Jaringan (TKJ)

Teknik Komputer dan Jaringan di SMK dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan yang dibutuhkan siswa untuk bekerja dalam bidang teknologi komputer serta administrasi dan pemeliharaan jaringan komputer. Berikut adalah gambaran umum dari struktur kurikulum untuk Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK, yang terbagi antara mata pelajaran umum dan mata pelajaran kejuruan.

Struktur Kurikulum SMK Teknik Komputer dan Jaringan

a.     Mata Pelajaran Umum

Mata pelajaran umum adalah pelajaran dasar yang wajib diikuti oleh semua siswa SMK, termasuk siswa di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

·       Pendidikan Agama

o   Pembekalan nilai-nilai agama untuk kehidupan sehari-hari.

·       Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)

o   Mengenalkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 serta penerapan kewarganegaraan yang baik.

·       Bahasa Indonesia

o   Keterampilan berbahasa Indonesia untuk komunikasi dalam kehidupan akademik dan profesional.

·       Bahasa Inggris

o   Keterampilan dasar berbahasa Inggris untuk komunikasi profesional dan pemahaman teknologi informasi.

·       Matematika

o   Matematika dasar yang dibutuhkan untuk mendukung analisis dan pemecahan masalah teknis.

·       Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

o   Dasar-dasar ilmu pengetahuan alam, termasuk konsep fisika dan kimia yang relevan dengan dunia teknologi.

·       Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

o   Memahami fenomena sosial, sejarah, dan ekonomi di masyarakat.

·       Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)

o   Mengembangkan fisik dan kebugaran untuk mendukung aktivitas belajar dan bekerja.

·       Seni Budaya dan Prakarya

o   Mengasah kreativitas melalui seni dan keterampilan prakarya.

b.     Mata Pelajaran Kejuruan (Teknik Komputer dan Jaringan)

Mata pelajaran ini adalah inti dari kurikulum untuk jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Mata pelajaran ini lebih fokus pada pengembangan keterampilan praktis dan pengetahuan teknis.

Dasar-Dasar Teknologi Komputer

·       Pengenalan Komputer dan Perangkat Keras

o   Memahami komponen komputer seperti CPU, motherboard, memori, hard disk, dan perangkat periferal lainnya.

o   Mengetahui cara merakit dan menginstal perangkat keras komputer.

·       Sistem Operasi Komputer

o   Pengoperasian dan konfigurasi sistem operasi seperti Windows, Linux, dan macOS.

o   Mengatasi masalah yang terkait dengan sistem operasi, seperti instalasi dan troubleshooting.

Jaringan Komputer

·       Pengenalan Jaringan Komputer

o   Dasar-dasar jaringan komputer, termasuk topologi jaringan, protokol jaringan, dan perangkat jaringan seperti router, switch, dan hub.

o   Pemahaman tentang jaringan lokal (LAN), jaringan luas (WAN), dan VPN.

·       Pengaturan dan Pemeliharaan Jaringan

o   Konfigurasi perangkat jaringan, seperti router dan switch.

o   Pengelolaan jaringan komputer menggunakan perangkat lunak manajemen jaringan.

·       Keamanan Jaringan

o   Dasar-dasar keamanan jaringan komputer, termasuk penggunaan firewall, antivirus, enkripsi data, dan pengamanan jaringan dari ancaman eksternal.

Pemrograman dan Pengembangan Aplikasi

·       Dasar-Dasar Pemrograman

o   Pengantar pemrograman komputer menggunakan bahasa pemrograman dasar seperti Python, Java, atau C.

o   Penggunaan alat pengembangan perangkat lunak dan teknik dasar dalam pemrograman.

·       Aplikasi Web dan Mobile

o   Pengembangan aplikasi web sederhana menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

o   Pengenalan pembuatan aplikasi mobile menggunakan platform Android (Java/Kotlin) atau menggunakan framework seperti React Native.

Administrasi Sistem

·       Manajemen Sistem Komputer

o   Instalasi dan konfigurasi perangkat lunak sistem.

o   Pemeliharaan sistem komputer dan troubleshooting masalah perangkat keras dan perangkat lunak.

·       Virtualisasi dan Cloud Computing

o   Penggunaan teknologi virtualisasi (misalnya, VMware) dan pengelolaan layanan berbasis cloud.

o   Mengkonfigurasi dan mengelola infrastruktur cloud untuk aplikasi dan penyimpanan data.

Proyek dan Praktik Kerja Lapangan (PKL)

·       Praktek Kerja Lapangan (PKL)

o   Siswa diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan keterampilan yang dipelajari dalam kurikulum dengan bekerja di industri terkait atau melalui proyek nyata.

o   Melakukan diagnosa, perbaikan, dan pengelolaan perangkat keras serta jaringan di dunia nyata.

·       Proyek Akhir

o   Siswa harus menyelesaikan proyek akhir yang melibatkan pengembangan jaringan, perakitan komputer, atau pemrograman aplikasi yang menunjukkan keterampilan dan pengetahuan yang telah diperoleh selama masa studi.

c.     Mata Pelajaran Pengembangan Diri

Mata pelajaran ini membantu siswa mengembangkan soft skills yang sangat penting untuk karier mereka di masa depan.

·       Kewirausahaan dan Pengembangan Karir

o   Pembekalan keterampilan kewirausahaan, termasuk bagaimana merencanakan dan mengelola bisnis berbasis teknologi.

o   Pengembangan keterampilan untuk memasuki dunia kerja atau memulai bisnis di bidang teknologi.

·       Komunikasi Profesional

o   Meningkatkan keterampilan komunikasi verbal dan tertulis dalam konteks profesional, seperti menulis laporan teknis dan berkomunikasi dengan klien atau rekan kerja.

·       Etika Profesi Teknologi

o   Pengajaran tentang etika dalam dunia teknologi, termasuk tanggung jawab terhadap pengelolaan data, keamanan informasi, dan hak cipta.

d.     Evaluasi dan Penilaian

Penilaian di SMK Teknik Komputer dan Jaringan biasanya mencakup:

·       Ujian Tertulis

o   Untuk mengukur pemahaman siswa terhadap teori yang telah dipelajari.

·       Ujian Praktik

o   Untuk menilai keterampilan siswa dalam merakit komputer, mengelola jaringan, atau memprogram aplikasi.

·       Portofolio

o   Mengumpulkan hasil karya proyek yang menunjukkan perkembangan keterampilan siswa dalam bidang kejuruan.

·       Proyek atau Tugas Akhir

o   Proyek besar yang melibatkan penerapan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam situasi dunia nyata.

Struktur kurikulum untuk Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK memberikan dasar pengetahuan dan keterampilan yang kuat di bidang komputer dan jaringan. Dengan pendekatan praktis yang menekankan pada pengalaman langsung dan praktik kerja lapangan, siswa SMK jurusan TKJ dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja di bidang teknologi informasi dan jaringan komputer atau melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

View More