A. Struktur
Kurikulum SMK Teknologi YPM
1. Rekayasa
Perangkat Lunak (RPL)
SMK
dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk
mengembangkan perangkat lunak, baik untuk kebutuhan aplikasi desktop, web,
maupun mobile. Struktur kurikulum di SMK jurusan RPL biasanya mencakup mata
pelajaran teoritis dan praktik yang membekali siswa dengan keterampilan dalam
pemrograman, desain perangkat lunak, serta pengelolaan proyek perangkat lunak.
Berikut adalah gambaran umum dari struktur kurikulum
SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak:
a. Mata
Pelajaran Umum (Pelajaran Peminatan dan Pengetahuan Dasar)
·
Pendidikan Agama
·
Pendidikan Kewarganegaraan
·
Bahasa Indonesia
·
Bahasa Inggris
·
Matematika
·
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
·
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
b. Mata
Pelajaran Kejuruan (Pemrograman dan Teknologi Perangkat Lunak)
·
Dasar-Dasar Pemrograman
o Pengantar
pemrograman dan logika pemrograman
o Algoritma
dan struktur data
o Pemrograman
dengan bahasa pemrograman seperti C, C++, Java, atau Python
·
Pengembangan Aplikasi Desktop
o Pengembangan
aplikasi berbasis desktop menggunakan bahasa pemrograman tertentu seperti Java,
C#, atau Visual Basic
o GUI
(Graphical User Interface) dan event-driven programming
·
Pengembangan Aplikasi Web
o HTML,
CSS, dan JavaScript untuk pengembangan web front-end
o Penggunaan
framework dan tools seperti React, Angular, atau Vue.js
o Pemrograman
server-side dengan PHP, Node.js, Python (Django), atau Java (Spring)
·
Pemrograman Berbasis Mobile
o Pengembangan
aplikasi untuk platform mobile menggunakan Java untuk Android atau Swift untuk
iOS
o Penggunaan
framework seperti Flutter, React Native, atau Kotlin
·
Basis Data (Database)
o Konsep
dasar basis data (relasional dan non-relasional)
o SQL
untuk pengelolaan basis data
o Manajemen
data dengan MySQL, PostgreSQL, atau MongoDB
·
Rekayasa Perangkat Lunak
o Analisis
dan desain perangkat lunak
o Metode
pengembangan perangkat lunak seperti SDLC (Software Development Life Cycle),
Agile, dan Waterfall
o Dokumentasi
dan testing perangkat lunak
·
Jaringan Komputer dan Keamanan
o Konsep
dasar jaringan komputer dan implementasi sistem jaringan
o Keamanan
perangkat lunak dan aplikasi, termasuk enkripsi dan pengujian keamanan
·
Sistem Operasi
o Pengoperasian
dan konfigurasi sistem operasi seperti Windows, Linux, atau macOS
o Pemahaman
tentang command-line interface (CLI) dan sistem berkas
·
Proyek atau Praktek Kerja Lapangan (PKL)
o Siswa
akan diberikan kesempatan untuk bekerja pada proyek perangkat lunak yang nyata,
baik melalui magang atau proyek berbasis kelas
o Pengalaman
bekerja dengan tim dalam pengembangan perangkat lunak
c. Mata
Pelajaran Kewirausahaan dan Pengembangan Diri
·
Kewirausahaan
o Pembekalan
keterampilan kewirausahaan untuk membantu siswa memulai bisnis teknologi mereka
sendiri
o Manajemen
proyek dan pengelolaan produk perangkat lunak
·
Komunikasi dan Etika Profesi
o Mengajarkan
keterampilan komunikasi yang baik, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan,
dalam konteks profesional
o Etika
dalam pengembangan perangkat lunak dan tanggung jawab profesional
d. Ekskul
dan Kegiatan Pengembangan Diri
·
Kegiatan ekstrakurikuler seperti lomba
pemrograman (coding competitions), hackathon, atau pengembangan aplikasi
mandiri
·
Pelatihan keterampilan tambahan dalam
pengembangan perangkat lunak atau pelatihan sertifikasi dari lembaga terkait
e. Evaluasi dan Sertifikasi
·
Siswa akan menjalani ujian teori dan ujian
praktik untuk menguji kompetensi mereka di bidang rekayasa perangkat lunak.
·
Beberapa sekolah juga menyediakan peluang
bagi siswa untuk mendapatkan sertifikat industri atau sertifikasi teknologi
(misalnya, sertifikasi dalam pemrograman atau penggunaan alat pengembangan
perangkat lunak tertentu).
f. Penilaian
Kompetensi
·
Penilaian dilakukan melalui ujian
tertulis, proyek perangkat lunak, dan laporan kerja praktek.
·
Proyek atau tugas akhir yang melibatkan
pengembangan perangkat lunak sebagai produk akhir.
Struktur
kurikulum ini bersifat dinamis dan dapat berbeda antar sekolah atau berdasarkan
kebijakan kementerian pendidikan. Kurikulum SMK jurusan Rekayasa Perangkat
Lunak dirancang untuk membekali siswa dengan keterampilan praktis yang langsung
dapat diterapkan di dunia kerja, sekaligus memberikan landasan teori yang kuat
untuk pengembangan karir mereka di bidang teknologi sesuai tuntutan era 5.0.
2.
Teknik Komputer Dasar Dan Jaringan
(TKJ)
Teknik
Komputer dan Jaringan di SMK dirancang untuk memberikan pemahaman dan
keterampilan yang dibutuhkan siswa untuk bekerja dalam bidang teknologi
komputer serta administrasi dan pemeliharaan jaringan komputer. Berikut adalah
gambaran umum dari struktur kurikulum untuk Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
di SMK, yang terbagi antara mata pelajaran umum dan mata pelajaran kejuruan.
Struktur
Kurikulum SMK Teknik Komputer dan Jaringan
a. Mata
Pelajaran Umum
Mata
pelajaran umum adalah pelajaran dasar yang wajib diikuti oleh semua siswa SMK,
termasuk siswa di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.
·
Pendidikan Agama
o Pembekalan
nilai-nilai agama untuk kehidupan sehari-hari.
·
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
(PPKn)
o Mengenalkan
nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 serta penerapan kewarganegaraan yang baik.
·
Bahasa Indonesia
o Keterampilan
berbahasa Indonesia untuk komunikasi dalam kehidupan akademik dan profesional.
·
Bahasa Inggris
o Keterampilan
dasar berbahasa Inggris untuk komunikasi profesional dan pemahaman teknologi
informasi.
·
Matematika
o Matematika
dasar yang dibutuhkan untuk mendukung analisis dan pemecahan masalah teknis.
·
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
o Dasar-dasar
ilmu pengetahuan alam, termasuk konsep fisika dan kimia yang relevan dengan
dunia teknologi.
·
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
o Memahami
fenomena sosial, sejarah, dan ekonomi di masyarakat.
·
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan (PJOK)
o Mengembangkan
fisik dan kebugaran untuk mendukung aktivitas belajar dan bekerja.
·
Seni Budaya dan Prakarya
o Mengasah
kreativitas melalui seni dan keterampilan prakarya.
b. Mata
Pelajaran Kejuruan (Teknik Komputer dan Jaringan)
Mata
pelajaran ini adalah inti dari kurikulum untuk jurusan Teknik Komputer dan
Jaringan. Mata pelajaran ini lebih fokus pada pengembangan keterampilan praktis
dan pengetahuan teknis.
Dasar-Dasar
Teknologi Komputer
·
Pengenalan Komputer dan Perangkat Keras
o Memahami
komponen komputer seperti CPU, motherboard, memori, hard disk, dan perangkat
periferal lainnya.
o Mengetahui
cara merakit dan menginstal perangkat keras komputer.
·
Sistem Operasi Komputer
o Pengoperasian
dan konfigurasi sistem operasi seperti Windows, Linux, dan macOS.
o Mengatasi
masalah yang terkait dengan sistem operasi, seperti instalasi dan
troubleshooting.
Jaringan
Komputer
·
Pengenalan Jaringan Komputer
o Dasar-dasar
jaringan komputer, termasuk topologi jaringan, protokol jaringan, dan perangkat
jaringan seperti router, switch, dan hub.
o Pemahaman
tentang jaringan lokal (LAN), jaringan luas (WAN), dan VPN.
·
Pengaturan dan Pemeliharaan Jaringan
o Konfigurasi
perangkat jaringan, seperti router dan switch.
o Pengelolaan
jaringan komputer menggunakan perangkat lunak manajemen jaringan.
·
Keamanan Jaringan
o Dasar-dasar
keamanan jaringan komputer, termasuk penggunaan firewall, antivirus, enkripsi
data, dan pengamanan jaringan dari ancaman eksternal.
Pemrograman
dan Pengembangan Aplikasi
·
Dasar-Dasar Pemrograman
o Pengantar
pemrograman komputer menggunakan bahasa pemrograman dasar seperti Python, Java,
atau C.
o Penggunaan
alat pengembangan perangkat lunak dan teknik dasar dalam pemrograman.
·
Aplikasi Web dan Mobile
o Pengembangan
aplikasi web sederhana menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.
o Pengenalan
pembuatan aplikasi mobile menggunakan platform Android (Java/Kotlin) atau
menggunakan framework seperti React Native.
Administrasi
Sistem
·
Manajemen Sistem Komputer
o Instalasi
dan konfigurasi perangkat lunak sistem.
o Pemeliharaan
sistem komputer dan troubleshooting masalah perangkat keras dan perangkat
lunak.
·
Virtualisasi dan Cloud Computing
o Penggunaan
teknologi virtualisasi (misalnya, VMware) dan pengelolaan layanan berbasis
cloud.
o Mengkonfigurasi
dan mengelola infrastruktur cloud untuk aplikasi dan penyimpanan data.
Proyek
dan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
·
Praktek Kerja Lapangan (PKL)
o Siswa
diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan keterampilan yang dipelajari dalam
kurikulum dengan bekerja di industri terkait atau melalui proyek nyata.
o Melakukan
diagnosa, perbaikan, dan pengelolaan perangkat keras serta jaringan di dunia
nyata.
·
Proyek Akhir
o Siswa
harus menyelesaikan proyek akhir yang melibatkan pengembangan jaringan,
perakitan komputer, atau pemrograman aplikasi yang menunjukkan keterampilan dan
pengetahuan yang telah diperoleh selama masa studi.
c. Mata
Pelajaran Pengembangan Diri
Mata
pelajaran ini membantu siswa mengembangkan soft skills yang sangat penting
untuk karier mereka di masa depan.
·
Kewirausahaan dan Pengembangan Karir
o Pembekalan
keterampilan kewirausahaan, termasuk bagaimana merencanakan dan mengelola
bisnis berbasis teknologi.
o Pengembangan
keterampilan untuk memasuki dunia kerja atau memulai bisnis di bidang
teknologi.
·
Komunikasi Profesional
o Meningkatkan
keterampilan komunikasi verbal dan tertulis dalam konteks profesional, seperti
menulis laporan teknis dan berkomunikasi dengan klien atau rekan kerja.
·
Etika Profesi Teknologi
o Pengajaran
tentang etika dalam dunia teknologi, termasuk tanggung jawab terhadap
pengelolaan data, keamanan informasi, dan hak cipta.
d. Evaluasi
dan Penilaian
Penilaian
di SMK Teknik Komputer dan Jaringan biasanya mencakup:
·
Ujian Tertulis
o Untuk
mengukur pemahaman siswa terhadap teori yang telah dipelajari.
·
Ujian Praktik
o Untuk
menilai keterampilan siswa dalam merakit komputer, mengelola jaringan, atau
memprogram aplikasi.
·
Portofolio
o Mengumpulkan
hasil karya proyek yang menunjukkan perkembangan keterampilan siswa dalam
bidang kejuruan.
·
Proyek atau Tugas Akhir
o Proyek
besar yang melibatkan penerapan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam
situasi dunia nyata.
Struktur
kurikulum untuk Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di SMK memberikan dasar
pengetahuan dan keterampilan yang kuat di bidang komputer dan jaringan. Dengan
pendekatan praktis yang menekankan pada pengalaman langsung dan praktik kerja
lapangan, siswa SMK jurusan TKJ dipersiapkan untuk memasuki dunia kerja di
bidang teknologi informasi dan jaringan komputer atau melanjutkan pendidikan ke
tingkat yang lebih tinggi.